Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis (JAMAN)
Vol. 2 No. 3 (2022): Desember: Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SEMASA PANDEMI PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI (PERIODE 2018-2021)

Aninda Puri Ayudhia (Universitas Gunadarma)
Rino Rinaldo (Universitas Gunadarma)
Elvia Fardianan (Universitas Gunadarma)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan kinerja keuangan pada saat sebelum dan semasa pandemi pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman periode 2018-2021 menggunakan rasio likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, dan aktivitas. Sampel yang digunakan adalah 23 perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2018-2021 yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji deskriptif statistik, uji normalitas, dan uji beda Wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio likuiditas yang dihitung melalui current ratio tidak menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan, sedangkan cash ratio menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada saat sebelum dan selama pandemi Covid 19. Pada rasio solvabilitas, debt to asset ratio menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada saat sebelum dan selama masa pandemi, sedangkan debt to equity ratio menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Rasio profitabilitas yang dihitung menggunakan return on asset, return on equity, dan net profit margin serta rasio aktivitas yang dihitung melalui invetory turnover dan account receivable turnover menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada saat sebelum dan selama masa pandemi Covid-19. Kata Kunci: Kinerja Keuangan, Pandemi Covid-19, Rasio Keuangan, Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas, Aktivitas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JAMAN

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Asosiasi Dosen Muda Indonesia dan di payungi Oleh Yayasan Dosen Muda Indonesia. Jurnal ini adalah jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis yang bersifat peer-review dan terbuka. ...