JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Vol 8, No 2 (2022): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)

ANALISIS PENDEKATAN STEAM DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SD N WOTBAKAH

Jolang Prasetyo (Universitas PGRI Semarang)
Qoriati Mushafanah (Universitas PGRI Semarang)
Henry Januar Saputra (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah peneliti ingin menganalisis proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan STEAM yang di terapkan di SD N Wotbakah dan mencari tahu faktor-faktor yang terjadi dalam pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM dalam pembelajaran tematik di SD SD N Wotbakah, 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam proses pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM dalam pembelajaran tematik di SD SD N Wotbakah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kepala sekolah dan guru kelas IV, angket siswa kelas IV dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dapat disimpulkan adalah Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM yang diterapkan pada kelas III SD N Wotbakah tidak dilakukan pada semua pembelajaran. sebelum melaksanakan pembelajaran guru membuat perangkat pembelajaran RPP, bahan ajar dan media pembelajaran. dalam penerapan pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM siswa dituntut untuk aktif dikarenakan pembelajaran berpusat pada siswa. Pembelajaran STEAM Science pembelajaran sambil praktik/ pengamatan langsung dengan benda konkrit, Technology siswa belajar dengan menggunakan tablet, Engineering guru memberikan Teknik untuk menyelesaikan permasalahan dalam belajar, art pembelajaran seni siswa dapat membuat karya seni, Mathematic siswa tidak hanya belajar angka tetapi belajar untuk berpikir kritis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JP3

Publisher

Subject

Education

Description

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) memuat hasil penelitian, pengkajian dan pengembangan pendidikan dan profesi pendidik. Penelitian, pengkajian, dan pengembangan pendidikan dan profesi pendidik dapat dilakukan dalam lingkup pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi. Terbit dua kali ...