Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 6 No 3 (2022)

DIAGNOSIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 21 LEBONG

Yetha Utami (Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB)
Teddy Alfra Siagian (Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB)
Tria Utari (Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB)
Ringki Agustinsa (Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB)
Agus Susanta (Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal uraian aritmetika sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 21 Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika yang dipilih oleh guru yang mengajar di kelas VII SMP Negeri 21 Lebong, berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) jenis kesalahan yang dilakukan siswa yaitu : (a) kesalahan dalam memahami soal 38,6%, (b) kesalahan dalam menentukan rumus 48%, (c) kesalahan dalam operasi penyelesaian 89,3%, (d) kesalahan dalam menyimpulkan 93,3%. (2) faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal uraian aritmetika sosial ini berasal dari faktor internal dan eksternal yaitu : minat, motivasi, sikap, lingkungan, dan fasilitas belajar. Kata Kunci: Diagnosis, Deskriptif, Kesalahan, Aritmetika Sosial

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...