Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 6 No 3 (2022)

EFEKTIFITAS LKPD PEMECAHAN MASALAH LANGKAH POLYA BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LINGKARAN SMP

Kurnia Illahi (Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB)
Nurul Astuty Yensy (Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB)
Teddy Alfra Siagian (Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB)
Ringki Agustinsa (Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB)
Tria Utari (Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik pemecahan masalah langkah polya berbasis model discovery learning pada materi lingkaran SMP yang memenuhi kriteria efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menerapkan 3 tahapan dari model pengembangan 4D, yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menghasilkan lembar kerja peserta didik pemecahan masalah langkah polya berbasis model discovery learning pada materi lingkaran SMP memenuhi kriteria efektif berdasarkan ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal yaitu sebesar 84% peserta didik yang tuntas dengan memperoleh nilai ≥ 70 dan hasil perhitungan N-gain kemampuan pemecahan masalah matematis dengan rata-rata N-gain 0,712 berada pada kategori “Tinggi”. Kata kunci : Discovery Learning, Lembar Kerja Peserta Didik, Penelitian Pengembangan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...