Jurnal Ilmiah KOMPUTASI
Vol. 21 No. 3 (2022): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 21 No 3, September 2022

Implementasi Rapid Application Development pada E-Commerce Likania.id Produk Tote Bag Tie Dye: Array

Linda Wahyu Widianti (STMIK Jakarta STI&K)
Fadhlan Agung Priyatna (STMIK Jakarta STI&K)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2022

Abstract

Likania.id merupakan bisnis penjualan online dengan menjual produk Tote Bag Tie Dye. Proses penjualan produk saat ini belum dilakukan secara optimal karena belum memanfaatkan teknologi informasi secara keseluruhan. Saat ini proses penjualan produk tersebut baru dilakukan menegunakan media social Instagram dengan proses trasnsaksi melalui aplikasi komunikasi digital menggunakan aplikasi whatsapp. Omset dari bisnis ini belum sesuai dengan target pemasaran awal. Berdasarkan masalah tersebut perlu dilakukan pembuatan system agar lebih menigkatkan lagi omset transaksi penjualan. Penelitian yang dilakukan dengan tujuan membangun aplikasi e-commerce yang lebih meningkatkan pendapatan bisnis penjualan. Aplikasi yang di bangun ini dalam pengembangannya menerapkan metode Rapid Application Development. Penggunaan metode tersebut bertujuan agar proses pembangunan system dilakukan secara efektif dengan mempersingkat tahapan pengembangan. Sesuai dengan aturan pada metode RAD yang memperpendek tahapan pengembangan jika dibanding model klasik. Proses perancangan sistem menggunakan struktur navigasi dan UML. Pengembangan sistem dilakukan dengan menggunakan pemrograman PHP dan MySQL sebagai database. Sementara pengujian sisstem menggunakan metode black box, metode efisiensi menggunakan tools page speed insights dan metode pengujian portability menggunakan browser Microsoft Edge, Mozilla Firefox dan Google Chrome

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

komputasi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Ilmiah Komputasi ISSN : 1412-9434 adalah jurnal ilmiah di bidang Komputer dan Komunikasi yang memuat tulisan-tulisan ilmiah mengenai penelitian-penelitian di bidang: perangkat keras, perangkat lunak, komputasi, jaringan komputer dan komunikasi data. Jurnal terbit empat kali dalam setahun ...