Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 3 (2022)

Ability to solve mathematics questions with cooperative integrated reading and composition learning model

Nirfayanti Nirfayanti (Universitas Muslim Maros)
Ernawati Ernawati (Universitas Muslim Maros)
Lismayanti Lismayanti (Universitas Muslim Maros)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas VIII SMPN 23 Simbang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Cooperative Reading Comprehension and Composition (CIRC). Jenis penelitian ini merupakan eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain dalam penelitian ini menggunakan True Experimental Design kategori Posttest-Only Control Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Dalam penelitian ini sampel yang dipilih adalah kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran kooperatif CIRC) dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol (menggunakan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran). Pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar observasi dan tes hasil belajar siswa yang telah divalidasi oleh ahli. Data dalam penelitian ini menggunakan analisis prasyarat dan pengujian hipotesis yaitu uji independent t-test. Berdasarkan analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas VIII SMPN 23 Simbang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Cooperative Reading Comprehension and Composition (CIRC) lebih baik daripada model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika welcomes high-quality manuscripts resulted from a research project or literature review in the scope of mathematics education, which includes, but is not limited to the following topics: Realistic Mathematics Education, Design/Development Research in ...