Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 3 (2022)

Development of mathematics probability learning media applications in vocational school based on adobe animate

Pami Istiqomah (Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global)
Rahmat Tullah (Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global)
Ferawati Ferawati (Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat produk media pembelajaran pada materi peluang untuk siswa SMK. Penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D yaitu: define, design, develop and disseminate. Penelitian ini dilakukan di SMK Bina Mandiri pada siswa kelas XI. Analisis data untuk mendapatkan kelayakan media pembelajaran pada materi peluang indikator yang dinilai yaitu kevalidan dan kepraktisan pada game yang dikembangkan. Setelah dilakukan analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) hasil validasi oleh ahli menunjukkan bahwa media pembelajaran pada materi peluang yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid dengan nilai sebesar 90%. (2) hasil respon siswa didapatkan setelah media pembelajaran pada materi peluang diujicobakan sehingga dikategorikan yaitu sangat praktis dengan perolehan hasil skor respon siswa sebesar 92%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran materi peluang layak digunakan untuk siswa SMK.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika welcomes high-quality manuscripts resulted from a research project or literature review in the scope of mathematics education, which includes, but is not limited to the following topics: Realistic Mathematics Education, Design/Development Research in ...