Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi
Vol 6 No 2 (2022): JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA AL QALASADI

Kajian Learning Obstacle pada Topik Operasi Pembagian Bilangan Bulat Ditinjau dari Literasi Matematis oleh PISA 2021

Mar'atun Solihah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Encum Sumiaty (Universitas Pendidikan Indonesia)
Eyus Sudihartinih (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis learning obstacle pada topik operasi pembagian bilangan bulat yang ditinjau dari literasi matematis PISA 2021. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan kerangka penelitian desain didaktis (didactical design research), yang terfokus pada learning obstacle. Instrumen untuk mengkaji learning obstacle didesain berdasarkan literasi matematis PISA 2021. Partisipan penelitian ini adalah satu siswa kelas VIII di salah satu SMP di Cicalengka, satu siswa kelas IX di salah satu SMP di Bandung, tiga siswa kelas XII di salah satu MA di Bandung dan satu siswa kelas VIII di salah satu SMP di Bogor. Data dikumpulkan melalui tes tulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima jenis learning obstacle yaitu koneksi konsep operasi pembagian bilangan bulat dengan kehidupan sehari-hari, konsep jarak terkait aplikasi dari titik ke titik, tidak tahu apa yang harus dikerjakan, keterkaitan antara soal dengan kehidupan sehari-hari, dan konteks sosial terkait untung/rugi pada nilai tukar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

qalasadi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JAQ) welcomes any papers on mathematics education, teaching mathematics in any technical knowledge domain: original theoretical works, literature reviews, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning environments, research in an ...