Rendahnya hasil belajar mahasiswa dalam menyelsaikan permasalahan garis singgung elips menjadi salah satu tolak ukur terhadap ketidak tuntasan dalam belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment). Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SOLE terhadap hasil belajar mahasiswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Almuslim. Sampel diambil satu kelas dengan jumlah siswa 19 orang dari keseluruhan populasi yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji non-parametik dengan taraf signifikan Data Pretest dan Postest dianalisis menggunakan statistik uji-t. Setelah dilakukan pengolahan data, diperoleh Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar mahasiswa melalui model pembelajaran SOLE dan proses kegiatan belajar menggunakan model pembelajaran SOLE termasuk dalam kategori sangat baik dan sesuai dengan yang direncanakan.
Copyrights © 2022