Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika
Vol 10, No 2 (2022): VOLUME 10 NOMOR 2 DESEMBER 2022

Konstruksi perangkat pembelajaran menggunakan model guided inquiry disertai socioscientific issues terhadap keterampilan berpikir kritis

Tri Kristiana (Universitas Tanjungpura)
Afandi Afandi (Universitas Tanjungpura)
Eko Sri Wahyuni (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA pada materi Perubahan Lingkungan/ Iklim dan Daur Ulang Limbah, mengetahui proses pengembangan perangkat pembelajaran dengan model guided inquiry disertai socioscientific issues (SSI) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA, dan mengetahui validitas perangkat pembelajaran dengan model guided inquiry disertai SSI terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RD) dengan model Four-D yang dibatasi menjadi Three-D yaitu define (tahap pendefinisian), design (tahap perancangan), dan develop (tahap pengembangan) sampai pada langkah expert appraisal (penilaian ahli). Hasil persentase tertinggi keterampilan berpikir kritis peserta didik pada masing-masing indikator berada pada skor 2, artinya peserta didik cukup mampu memberikan jawaban dengan baik, walaupun masih sulit dipahami, kurang tepat, dan tidak lengkap. Perangkat pembelajaran model guided inquiry disertai SSI yaitu RPP, LKPD, dan modul dapat digunakan oleh guru dan peserta didik setelah dilakukan revisi sesuai dengan komentar dan saran dari validator.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edusains

Publisher

Subject

Education

Description

Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika (p-ISSN 2238-4387; e-ISSN 2580-3247) is peer-reviewed journal published biannually in June and December. The Journal is published by Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya ...