JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas)
Vol 7 No 2 (2022): JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) DESEMBER

PENERAPAN DATA MINING PREDIKSI PENJUALAN MEBEL TERLARIS MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR(K-NN) (STUDI KASUS : TOKO ZERITA MEUBEL)

Lusi Suryadi (STMIK DCC Kotabumi)
Ngajiyanto ngajiyanto (STMIK Dian Cipta Cendikia Kotabumi)
Novia Eka Pratiwi (STMIK DCC Kotabumi)
Ferly Ardhy (STMIK DCC Kotabumi)
Pakartika Riswanto (STMIK Dian Cipta Cendikia Kotabumi)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Penerapan Data Mining sangatlah dibutuhkan oleh toko Zerita Meubel dikarenakan usaha dagang ini menjual berbagai macam jenis produk Meubel. Dilihat dari banyaknya permintaan konsumen ternyata terdapat beberapa produk terlaris dan tidak terlaris, sehingga berdasarkan data 1 tahun terakhir, maka dibutuhkan sebuah prediksi penjualan produk terlaris, agar mempermudah pihak usaha dagang dalam perencanaan penyedia stok. Dikarenakan sistem yang sedang berjalan saat ini masih manual, untuk itu data yang didapat kurang akurat dan efisien. Maka untuk mengatasi hal ini, diperlukan sebuah sistem prediksi penjualan produk terlaris dengan teknik data mining yang menggunakan metode k nearest neighbor. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem algoritma k nearest neighbor pada teknik data mining yang membantu untuk memprediksi penjualan produk telaris pada toko Zerita Meubel.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jusim

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) diterbitkan oleh LPPM Universitas Bina Insan dalam dua kali setahun dengan No ISSN Online : 2614-8706 dan ISSN Print : 2541-190X Terakreditasi SINTA 4 DIKTI Nomor 36/E/KPT/2019 . JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) terbit 2 (dua) nomor dalam setahun, ...