ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 5, No 2 (2022)

PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA BERDASARKAN RESILIENSI MATEMATIS SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN NEW NORMAL

Fithriya Wahidah (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Asih Miatun (Universitas Muhammadiyah. Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan profil kemampuan berpikir kritis matematika ditinjau dari resiliensi matematis siswa SMA pada pembelajaran tatap muka terbatas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini siswa kelas X MIPA 3 SMAN 18 Jakarta Utara. Subjek penelitian sebanyak 3 orang terdiri dari 1 orang setiap kategori resiliensi matematis dipilih secara purposive sampling berdasarkan resiliensi matematis yang dimiliki untuk dianalisis kemampuan berpikir kritis matematikanya. Instrumen pada penelitian ini menggunakan tes kemampuan berpikir kritis matematika, angket resiliensi matematis dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah penyajian data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan resiliensi tinggi memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi dalam kategori baik, analisis dalam kategori sangat baik, dan evaluasi dalam kategori cukup. (2)  Siswa dengan resiliensi sedang rata-rata mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi dalam kategori sangat baik, analisis dalam kategori sangat baik, dan evaluasi dalam kategori cukup. (3) Siswa yang memiliki resiliensi rendah hanya mampu memenuhi satu indikator kemampuan berpikir yaitu analisis dalam kategori sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

anargya

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

“Anargya: Jurnal Ilmiah Pedidikan Matematika” is a journal aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on mathematics education as well as related topics. All papers are ...