JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 5, No 3 (2023): JIMB - VOLUME 5 NOMOR 3 JANUARI 2023

Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT. Delta Pasific Indotuna Bitung

Nada Alzaniah Anjali Santana (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Tineke Wolok (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Idris Yanto Niode (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan merumuskan strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada PT. Delta Pasific Indotuna Bitung dengan cara menyebar kuesioner kepada responden. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, kuisioner dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan analisis swot untuk mengetahui IFA san EFAS, matriks SWOT dan digram strategi dalam SWOT.Hasil Penelitian menunjukan bahwaposisi strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada PT. Delta Pasific Indotuna Bitung saat ini berada pada kuadran 2 yakni startegi Diversifikasi. Strategi ini menekankan bahwa pentingnya peningkatan kekuatan dan potensi perushaan untuk mereduksi berbagai ancaman terkait dengan pemasaran produk, dimana langkah itu dilakukan melalui upaya (1) Mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk agar masyarakat terus percaya dan meningkatkan citra positif perusahan maupun produk dengan higienitas yang baik. (2) Meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama untuk mencapai ketelitian yang baik agar tida terjadi reject atau return produk yang dijual. (3) Mengupdate secara berkala apa saja yang sedang dibutuhkan konsumen atau pelanggan. (4) Meningkatkan hubungan baik dengan berbagai mitra penjualan bahkan menerapkan sistem bonus dan diskon bagi distributor atau orderan pada wilayah tertentu. Berbagai strategi ini apabila diupayakan maka akan berdampak pada berbagai aspek perushaan yang bukan hanya pada pemasaran dan volume penjualan namun juga bisa meningkatkan capaian laba, meningkatkan efsiensi operasional dan mereduksi produk yang direject ataupun direturn dalam proses pemasaran produk perusahaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...