Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI
Vol 6 No 2 (2022): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri

PEMBERDAYAAN KELOMPOK PEREMPUAN DALAM PENINGKATAN UMKM DAN PENGENTASAN KEMISKINAN BERBASIS PEMANFAATAN POTENSI LOKAL

Rina Susanti (Universitas Riau)
Oni Andriani Putri<br> Mega Ramadhani<br> Lily Apriliani Putri<br> Indra Arya Putra<br> Bayu Ramzahuri<br> Beby Rah (Universitas Riau)
Asmarita<br> Muhammad Riyandi<br> Salsabila Ramadhan<br> Nur Aisyah Aulia (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Tujuan pengabdian ini untuk membangun pondasi UMKM juga mengentaskan kemiskinan pada masyarakat Desa Pulau Terap. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang diberikan kepada ibu rumah tangga adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk dapat membangun UMKM guna mengatasi kemiskinan. Kegiatan pengabdian dilakukan di Desa Pulau Terap Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar Provinsi Riau, dengan alasan utama didasarkan pada UMKM yang masih minim dan angka kemiskinan yang masih cukup tinggi. Kelompok sasaran utama adalah ibu rumah tangga. Untuk dapat mencapai tujuan, kegiatan pengabdian dilakukan dengan menggunakan metode Participatory Rural Appraisal (PRA) yang dipadukan dengan metode praktik. Hasilnya pengetahuan serta keterampilan kelompok sasaran meningkat. Potensi ikan nila yang tersedia di lingkungan desa menjadi bermanfaat untuk menjadi tonggak UMKM ibu rumah tangga dengan mengolahnya menjadi kerupuk dan nugget yang memiliki peluang usaha besar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ppm

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI adalah jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitiandan Pengabdian kepada Masyarakat devisi Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Buton dua kali setahun pada bulan April dan Oktober. Jurnal ini memiliki visi yaitu ...