Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 9, No 1 (2023): January 2023

Persepsi Pendidik Tentang Fungsi Pendidikan Pada Tayangan Film Televisi Selama Masa Pandemi Covid 19 di DKI Jakarta

Fetrimen Fetrimen (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2023

Abstract

Selama masa pandemi covid 19, metode pembelajaran di sekolah mengalami perubahan dari pembelajaran tatap muka ke proses pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan media, salah satu media yang dimanfaatkan dalam proses pembelajaran adalah menyaksikan tayangan film di televisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang persepsi pendidik di DKI Jakarta tentang fungsi pendidikan pada tayang film selama masa covid 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif secara kualitatif dan analisa data menggunakan metode analisa wacana (Discourse Analysis Van Dijk) terhadap jawaban 40 orang pendidik secara audio untuk mengetahui keterkaitan antara teks dengan konteks. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa masih ada film di televisi yang belum sesuai dengan klasifikasi usia karena masih tayangan film televisi yang mengandung unsur kekerasan, perjudian, pornografi, penyalahgunaan narkotika, penistaan agama dan merendahkan harkat dan martabat manusia yang mudah di tiru penonton anak-anak. Penelitian ini berimplikasi pada pentingnya pengawasan yang dilakukan orang tua, sikap kritis masyarakat dan ketegasan penerapan regulasi. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...