Indonesian Journal of Management Science
Vol 1, No 1: Juni 2022

Pengaruh Faktor-faktor Bauran Promosi Online terhadap Kepuasan Pengguna dan Keputusan Penggunaan Kembali Aplikasi Grabfood (Studi Kasus pada Pengguna Grabfood Kota Gresik)

Rizal Fitrian (Program Studi Magister Manajemen Universitas Bhayangkara Surabaya)
Mamak Balafif (Program Studi Magister Manajemen Universitas Bhayangkara Surabaya)
Musriha Musriha (Program Studi Magister Manajemen Universitas Bhayangkara Surabaya)
Nova Retnowati (Program Studi Magister Manajemen Universitas Bhayangkara Surabaya)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2023

Abstract

Layanan pesan antar makanan secara online semakin diminati, dikarenakan konsumen tidak perlu repot lagi untuk mendatangi lokasi dan mengantri. Sehingga mereka hanya tinggal menunggu di rumah atau di tempat tujuan pesanan tersebut diantarkan. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pesan antar makanan yaitu Grab Food. Menerapkan strategi pemasaran yang tepat dengan tujuan untuk meningkatkan kepuasan dan keputusan pembelian, salah satunya yaitu melakukan bauran promosi. Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh faktor-faktor bauran promosi terhadap kepuasan pengguna dan keputusan penggunaan kembali aplikasi Grab Food di Kota Gresik. Penelitian ini bersifat deskriptif dan kausalitas dengan 270 responden sebagai objek penelitian. Responden adalah masyarakat kota Gresik yang pernah menggunakan layanan grabfood. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian memperoleh simpulan bahwa faktor-faktor bauran promosi yang terdiri dari advertising, sales promotion, public relation, personal selling dan direct marketing berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengguna dan keputusan penggunaan kembali aplikasi grabfood di kota Gresik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijms

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

The focus and scopes of the articles in Indonesian Journal of Management Science: Financial Management Risk Management Marketing Management Human Resources Management Strategic Management Production Management International Business International Economic Natural Resources and Enviromental Economic ...