WIDYA TEKNIKA
Vol 23, No 1 (2015): Widyateknika Vol. 23 No. 1

PENGARUH JARAK CELAH KATUP TERHADAP UNJUK KERJA MOTOR BAKAR INJEKSI

Cahyono, Tri (Unknown)
Farid, Akhmad (Unknown)
Fuhaid, Naif (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2015

Abstract

Pada era modern ini masyarakat sangatlah membutuhkan sarana transportasi terlebih transportasi yang irit dan ramah lingkungan.Oleh karena dari berbagai macam pabrikan alat transportasi sedang bersaing ketat dalam memunculkan produk-produk transportasi yang di dukung oleh tehnologi hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.Dalam materi ini akan di uraikan masalah tentang kinerja motor injeksi yang mana pembahasan masalah akan di batasi dengan pembahasan pengaruh jarak penyetelan celah katup terhadap unjuk kerja motor injeksi tersebut. Dalam penelitian ini variabel yang di gunakan  meliputi variabel bebas yaitu jarak penyetelan celah katup,variasi rpm,dan menggunakan bahan bakar premium sedangkan  variabel terikat berupa daya yang di hasilkan dan konsumsi bahan bakar motor injeksi. Data yang di dapat akan diplotkan pada grafik. dan di jadikan acuan untuk penyetelan celah katup pada motor injeksi.penyetelan celah katup yang bervariasi akan mempengaruhi kinerja motor  injeksi baik daya yang di hasilkan, konsumsi bahan bakar yang di gunakan dan thermal efisiensi motor injeksi. Hasil dari penelitian menunjukkan nilai konsumsi bahan bakar rata-rata pada celah katup nomer I yaitu katup hisap 0,05 mm dan katup buang 0,10 mm di dapatkan nilai yang paling tinggi yaitu 381,035 ml/jam,daya terbesar , momen puntir  dan efisiensi thermal terbesar juga terdapat pada celah nomer I yaitu 9,70 kgm dan 0,68 PS,dan memiliki efisiensi thermal 10,07 persen.Untuk nilai konsumsi bahan bakar terendah di dapatkan pada celah nomer II yaitu katup hisap 0,10 mm dan katup buang sebesar 0,15 mm dengan nilai 322,25 ml/jam.Moment putar,daya,dan efisiensi thermal paling rendah di dapatkan pada celah nomer III yaitu katup hisap 0,15 mm dan katup buang 0,20 mm dengan nilai moment putar 625,75 kgm,daya 0,43 PS,dan efisiensi thermal 6,295 persen.   Kata kunci: Celah katup, Motor bakar, Sistem injeksi.

Copyrights © 2015