Al-Abyadh
Vol 5 No 2 (2022): Edisi Desember

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BICARA MELALUI METODE TIUP LILIN TERHADAP AUTISME DI PAUD INKLUSI KID’S CLUB JAKARTA UTARA

Siti Fitra Sari (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Serang)
Pepi Nuroniah2 (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Serang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Autism Spectrum Disorder (ASD) atau disebut dengan gangguan autisme dimana terdapat turbelensi perkembangan saraf atau disebut dengan (Neurodevelopmental Disorder) sebagai ciri kurangnya komunikasi sosial serta adanya kegiatan yang dilakukan berulang-ulang. Kemampuan bicara pada anak autis kurang berkembang dikarenakan kurangnya komunikasi. Sementara komunikasi sangatlah dibutuhkan ketika ingin berinteraksi dengan orang lain. Kedudukan pendidik serta penanggung jawab anak sangat penting untuk mengembangkan kemampuan bicara. Sasaran sekolah yang menjadi bahan peneliti penulis yakni, Paud Inklusi Kid’s Club telah menerapkan metode tiup lilin sebagai alternatif guna mengembangkan kemampuan bicara pada anak autis. Penelitian yang digunakan yakni pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang diperoleh penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Subjek penelitian ialah anak berkebutuhan khusus dengan kategori autis dan pendidik. Hasil dari penelitian yang telah diterapkan pada Paud Kid’s Club Jakarta Utara menunjukan bahwa anak dapat berkembang yakni mengeluarkan suara dan udara secara perlahan setelah menerapkan metode tiup lilin.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Al-Abyadh

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Other

Description

Al Abyadh adalah jurnal pendidikan islam anak usia dini yang terbit 2 kali dalam setahun. Jurnal ini merupakan sarana publikasi artikel berupa hasil penelitian, pengabdian dan literature review dalam bidang anak usia dini baik mengenai perkembangan anak, kurikulum, manajemen, media, pengelolaan ...