JURNAL PENDIDIKAN IPS
Vol 12 No 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN IPS

Pendekatan Etnopedagogi Sebagai MEdia Pelestarian Kearifan Lokal dalam Kegiatan PAsar Budaya UIN KHAS Jember.

Nila Lailatuz Zahro (UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)
Milati Himatuna (UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)
Erfan Efendi (UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)
Moh Alfi Nasihuddin (UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)
Wilda Holida (UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)
Siti Aisyah (UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Pasar budaya merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh salah satu organisasi ekstra kampus yang ada di UIN KHAS Jember yaitu organisasi PMII rayon FTIK. Kegiatan pasar budaya ini merupakan kegiatan dimana para organisasi daerah asal mahasiswa yang ada di UIN KHAS Jember di wadahi untuk menampilkan kebudayaan daerah asalnya. Dalam pelaksanaannya, ada berbagai macam kegiatan yang dilakukan dimulai dari pasar tradisional, tari kontemporer, dan festival carnaval Budaya (pagelaran musik budaya dan fashion carnaval). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pendekatan etnopedagogi sebagai media pelestarian kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif, dan menggunakan metode penelitian studi kasus. Sedangkan dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan IPS STKIP Taman Siswa Bima adalah jurnal penelitian peer-review, akses terbuka berkualitas tinggi yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Taman Siswa Bima (LPPM STKIP Tamsis Bima). Jurnal ini menyediakan ...