Borobudur Psychology Review
Vol 2 No 2 (2022)

Subjective Well-Being Pasien Kanker Pasca Mastektomi

Ika Yuliana Putri Solehah (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Wanodya Kusumastuti (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Meriam Esterina (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Menjadi pasien kanker payudara dan harus kehilangan aset terpenting seorang wanita merupakan masalah yang memerlukan proses penyesuaian baik dengan diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Kondisi awal terdiagnosis hingga menjalani mastektomi atau pengangkatan payudara tentu mengalami perubahan dari berbagai aspek kognitif, sosial dan psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan subjective well-being pasien kanker payudara pasca mastektomi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Responden pada penelitian ini berjumlah 3 orang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Kriteria responden dalam penelitian ini adalah pasien kanker payudara yang melakukan mastektomi, kemoterapi dan masih menjalani pengobatan. Hasil penelitian ini menunjukkan ketiga responden memiliki gambaran subjective well-being yang baik. Gambaran subjective well-being yang bervariasi yang dimiliki ketiga responden membuat mereka mampu menghadapi kehidupan setelah terdiagnosis kanker. Adapun faktor yang mempengaruhi subjective well-being ketiga responden adalah kepribadian, optimis, dukungan sosial dan keluarga, religiusitas, kebersyukuran dan pekerjaan. Hasil penelitian ini dapat memberikan gambaran faktor-faktor yang bisa meningkatkan subjective well -being pada pasien kanker payudara pasca mastektomi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bpsr

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Aim Borobudur Psychology Review, publishes research and innovative ideass on psychology. Borobudur Psychology Review is published by Department of Psychology, Muhammadiyah Magelang University. Scope Borobudur Psychology Review covers the following fields : Enterpreneur Psychology, Social Psychology, ...