Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini
Vol 2, No 3 (2022): Desember

MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, METODE PEMBERIAN TUGAS DAN MEDIA BAHAN ALAM

Indah Indah (ULM)
Ratna Purwanti (ULM)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kreativitas anak,yang dimana kegiatan melukis anak masih terpaku pada contoh yang guru berikan, anak juga kurang berinisiatif dalam berkreasi dan anak belum dapat menghasilkan sebuah karya yang baru. Hal ini disebabkan karena kegiatan pembelajaran yang dilakukan monoton dan prasarana yang kurang memadai sehingga anak kurang mampu mengekspresikan kreativitas dirinya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan menganalisis hasil perkembangan dalam meningkatkan kreativitas anak menggunakan Model Explicit Instruction, Metode Pemberian Tugas dan Media Bahan Alam melalui kegiatan Melukis Teknik Airbrush Kelompok B TK Penerus Bangsa PGRI Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang dirancang 3 kali pertemuan dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data berupa observasi, dengan subjek penelitian yaitu anak kelompok B TK Penerus Bangsa PGRI Banjarmasin yang berjumlah 10 anak. Hasil penelitian menunjukkan Model Explicit Instruction, Metode Pemberian Tugas Dan Media Bahan Alam Melalui Kegiatan Melukis Teknik Airbrush dapat meningkatkan aktivitas guru pada pertemuan ke-3 memperoleh skor 38 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas anak pada pertemuan ke-3 memperoleh nilai 100% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Pada hasil capaian perkembangan kreativitas anak pada pertemuan ke-3 ada 10 orang anak atau 100% dapat dikatakan telah berhasil berkembang dengan kriteria Berkembang Sangat Baik.Kata kunci: Kreativitas, Model Explicit Instruktion, Metode Pemberian tugas, Mediabahan Alam, Melukis, Teknik Airbrush

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jikad

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) merupakan kumpulan artikel/jurnal tugas akhir mahasiswa PG PAUD di bidang Pendidikan Anak Usia Dini. JIKAD mulai diterbitkan pada tahun 2021 di Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas ...