Penelitian yang dilaksanakan pada kelompok B TK Bawang Putih Kab. Barito Kuala di latarbelakangi oleh rendahnya perkembangan nilai agama dan moral terkhusus dalam menirukan gerakan shalat dan mengurutkkan gerakan dalam sholat. Kurangnya fokus dan keaktifan anak dalam memperhatikan pembelajaran tentang kegiatan menirukan gerakan shalat serta pendidik yang hanya memperlihatkan gambar urutan shalat pada pembelajaran aspek nilai agama dan moral merupakan penyebab dari permasalahan yang dihadapi anak. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan langkah aktivitas guru, mendeskripsikan langkah aktivitas anak, dan menganalisis keberhasilan perkembangan Nilai Agama dan Moral anak. Pendekatan yang diterapkan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus atau 4 kali pertemuan. Dari hasil penelitian terlihat dari pertemuan 1 sampai 4 aktivitas guru dengan kriteria sangat baik mengalami peningkatkan dari 61% sampai 100%. Aktivitas anak dari pertemuan 1 sampai 4 dengan kriteria sangat aktif mengalami peningkatkan dari 37.5% sampai 87.5%. Sedangkan capaian Hasil perkembangan nilai agama dan moral pada pertemuan 1 mencapai kriteria 25% meningkat pada pertemuan 4 mencapai kriteria 87,5%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan kombinasi model Explicit Instrution dan Habit forming pada kelompok B TK Bawang Putih Kab. Barito Kuala dalam penelitian ini dapat diterima.
Copyrights © 2022