Buletin Kebun Raya
Vol 12, No 2 (2009): Buletin Kebun Raya Vol. 12 (2) Juli 2009

TYPES OF DICHOGAMY, BREEDING SYSTEMS AND POLLEN LIMITATION ON Aeschynanthus pulcher (Blume) G.Don. (GESNERIACEAE)

Rahman, Wiguna ( Technical Implementing Unit for Plant Conservation-Cibodas Botanical Garden, Indonesian Institute of Sciences (LIPI) Sindanglaya, Cianjur, 43253 PO.BOX 19 SDL)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2009

Abstract

Observasi tentang tipe dikogami, sistem penyerbukan, dan keterbatasan serbuk sari telah dilakukan pada populasi Aeschynanthus pulcher di Kebun Raya Cibodas. Pengamatan fenologi bunga dilakukan untuk menentukan tipe dikogami. Dalam rangka menentukan sistem perkawinan dan keterbatasan serbuk sari, lima perlakuan penyerbukan telah dilakukan yaitu penyerbukan bebas sebagai kontrol, penyerbukan silang, penyerbukan sendiri, autogami, dan agamospermi. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa dikogami pada A. pulcher adalah protandri, tidak sempurna dan durasi tampilan serbuk sari dan stigma reseptif masing-masing yaitu 3-9 hari dan 6-12 hari. A. pulcher merupakan tumbuhan yang dapat membuahi sendiri, sedangkan proses autogami dan agamospermi tidak terjadi. Sindrom keterbatasan serbuk sari pada populasi A. pulcher yang diamati diindikasikan terjadi. Derajat keterbatasan serbuk sari pada A. pulcher mencapai 0.79-0.80. Tiga faktor yang dapat menyebabkan keterbatasan serbuk sari adalah (1) kompetisi antar jenis tumbuhan yang berbunga bersamaan, (2) perilaku berbunga dalam satu periode yang sama, dan (3) kompetisi antara polinator dan pencuri nektar.

Copyrights © 2009






Journal Info

Abbrev

BKR

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Buletin Kebun Raya adalah publikasi ilmiah resmi dari Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya - LIPI. Jurnal ini terbit 2 kali setiap tahun, 2 nomor setiap volume, berisi tulisan ilmiah hasil penelitian, ulasan, atau gagasan asli tentang konservasi tumbuhan, biologi tumbuhan, dan pengembangan ...