geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi
Vol 3 No 1 (2022)

Pengaruh Kemampuan Literasi Informasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMAN 10 Banjarmasin

Akhmad Munaya Rahman (Unknown)
Eva Alviawati (Program studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat)
Parida Anggriani (Program studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat)
Nevy Farista Aristin (Program studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat)
Faisal Arif Setiawan (Program studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat)
Dini Maryani Simbolon (Program studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2023

Abstract

Abstrak Siswa yang sering menghabiskan waktu luang mereka di media sosial dan video game daripada belajar di tempat perpustakaan adalah permasalahan di balik penelitian ini. Pengaruh tersebut diakibatkan peserta didik yang kurang memahami literasi, hal ini dimungkinkan mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi apakah terdapat pengaruh kemampuan literasi informasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMAN 10 Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan pengumpulan data primer berupa kuisioner dan sekunder berupa hasil belajar peserta didik. Populasi penelitian ini adalah 212, 132 sampel diambil menggunakan tabel Krejcie dan Morgan dan sampling proporsional digunakan untuk menentukan ukuran sampel. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Arah pengaruh kemampuan literasi informasi terhadap hasil belajar dapat dikatakan positif karena hasil persamaan regresi linier dasar menunjukkan bahwa koefisien regresinya positif. Nilai signifikansi ditentukan oleh nilai signifikansi yang dicapai diketahui bahwa (Sig.) lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel literasi informasi berpengaruh terhadap variabel hasil belajar. Implikasi pada penelitian ini adalah literasi informasi memampukan peserta didik untuk lebih paham tentang literasi dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Literasi, Literasi Informasi, Hasil Belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

geoedusains

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Social Sciences

Description

Geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi is devoted to original research work on all aspects of geography, including innovative approaches to geography research, teaching, and learning. The journal publishes articles about the results of research and teaching approaches. geoedusains: jurnal ...