COPING (Community of Publishing in Nursing)
Vol 10 No 6 (2022): Desember 2022

HUBUNGAN ACADEMIC SELF EFFICACY DENGAN KEJADIAN ACADEMIC BURNOUT PADA MAHASISWA FARMASI

Andika Parnomo Putra (Unknown)
Indri Heri Susanti (Unknown)
Tri Sumarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Academic self efficacy merupakan keyakinan mahasiswa dalam belajar, mampu mengatur waktu, dan lingkungan belajar secara lebih efektif. Menurunnya academic self efficacy mahasiswa dapat meningkatkan kejadian academic burnout. Academic burnout merupakan perasaan lelah bagi mahasiswa karena tuntutan studi dan perasaan tidak kompeten sebagai seorang mahasiswa yang menyebabkan stres, dan faktor psikologis lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan academic self efficacy dengan kejadian academic burnout pada mahasiswa Program Studi Farmasi Program Sarjana Fakultas Kesehatan di Universitas Harapan Bangsa, menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Responden penelitian yaitu semua mahasiswa farmasi. Teknik pengambilan sampel probability sampling proportionate stratified random sampling sebanyak 190 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner Academic Self Efficacy Scale dan Maslach Burnout Inventory-Student Survey. Hasil penelitian academic self efficacy pada mahasiswa farmasi pada kategori sedang (62,1%) dan academic burnout pada kategori sedang (52,6%). Hasil analisis menggunakan uji Spearman Rank didapatkan ada hubungan academic self efficacy dengan kejadian academic burnout pada mahasiswa farmasi dengan p value 0,000 (p<a).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

coping

Publisher

Subject

Education Health Professions Nursing Public Health

Description

COPING (Community of Publishing in Nursing) adalah E-Jurnal Keperawatan yang diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. E-Jurnal keperawatan ini akan menjadi salah satu wahana pengembangan Evidence Based Nursing dalam pengembangan dan update ...