ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 5, No 2 (2022)

ANALISIS KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN GARIS LURUS BAGIAN MENGGAMBAR GRAFIK PADA BIDANG CARTESIUS

Rizka Nanda Annisa Bouty (STKIP Modern Ngawi)
Budi Sasomo (STKIP Modern Ngawi)
Arum Dwi Rahmawati (STKIP Modern Ngawi)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika, mencari penyebab kesalahan dan menyelesaikan persamaan linier. Subyek penelitian adalah Kelas VIII A SMP Ma'arif Ngawi yang berasal dari 3 siswa terbaik. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif  kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes wawancara, . Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat jenis-jenis kesalahan siswa, antara lain: 1. Kesalahan konseptual, konsep yang tersusun dari definisi, seperti kalimat, simbol atau rumus yang jala seperti yang dimaksudkan oleh konsep. 2. Kesalahan prinsip, kesalahan ini pada dasarnya adalah kesalahan dalam menggunakan aturan atau rumus matematika, kesalahan dalam menggunakan konsep yang berkaitan dengan persamaan linier. 3. Fakta kesalahan, Fakta adalah kesepakatan konsensus dalam matematika yang biasanya dinyatakan dengan simbol-simbol tertentu (Fathani, 2009: 59). 4. Ketrampilan (Skills). Keterampilan adalah kemampuan prosedur untuk menggunakan langkah-langkah untuk memecahkan suatu masalah. Istilah yang sering digunakan juga merupakan algoritma yang merupakan singkatan dari langkah-langkah standar untuk memecahkan masalah. Ketika mempelajari keterampilan, penekanannya adalah pada kemampuan untuk menerapkan urutan, langkah-langkah prosedur kerja. Seorang pembelajar disebut keterampilan jika ia dapat menggunakan urutan, prosedur atau langkah kerja (Shadiq, 2011; 14-15). Di skill yang paling banyak dialami siswa, karena siswa masih belum paham langkah mana yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

anargya

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

“Anargya: Jurnal Ilmiah Pedidikan Matematika” is a journal aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on mathematics education as well as related topics. All papers are ...