AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 7 No 1 (2023): Februari

Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Tenaga Kerja, Pemasaran, dan Branding Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Bakpia Safe Melalui Digital Marketing

Titiek Hidayati (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Indrayanti Indrayanti (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Thoharoh Halimatusa'diyah (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2023

Abstract

Salah satu faktor pendukung pembangunan ekonomi pedesaan adalah sumber daya manusia. Masalah Keselamatan dan Kesehatan Kerja mudah ditemukan di industri rumahan dan industri kecil dan menengah. Berdasarkan pengamatan, diketahui bahwa banyak pekerja yang melakukan proses kerja yang tidak ergonomis, yaitu berdiri dan duduk dalam waktu yang lama selama proses produksi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman bagi pekerja di UMKM dan pengembangan kompetensi tentang pemasaran dan branding usaha. Subjek dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM Bakpia Safe di desa Bangunjiwo, Kabupaten Bantul dengan 30 peserta. Intervensi dengan penyuluhan dan pelatihan dalam bentuk praktik langsung dalam menerapkan kesehatan dan keselamatan kerja dan dievaluasi dengan kuesioner dan pengamatan. Edukasi tentang kesehatan kerja yang diberikan dapat meningkatkan pengetahuan dan permasalahan terkait kesehatan dan keselamatan kerja yang menurun. Edukasi tentang pemasaran dan branding usaha dapat membantu UMKM dalam meningkatkan pengetahuan yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Axiologiya

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Aksiologiya merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat yang menjadi wadah ilmiah untuk pengabdian. Artikel merupakan hasil dari IbM, IbW, IbPE, IbIKK, atau pengabdian lainnya yang berasal dari non ...