JANAKA : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT KEWIRAUSAHAAN INDONESIA
Vol 3, No 2 (2022): JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT KEWIRAUSAHAAN INDONESIA

PENINGKATAN KUALITAS PENGELOLAAN USAHA DALAM PERBAIKAN KINERJA UMKM

Rosita Rosita (Unknown)
Ida Ayu Kade Rachmawati Kusasih (Unknown)
Nur Kholis (Unknown)
Heri Susanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2023

Abstract

ABSTRACTFrozen food is one of the activities of micro, small and medium enterprises (MSMEs). frozen is an alternative for manufacturers to be able to sell their products for a longer period of time and not only rely on orders from incoming orders. Community service activities aim to increase the productivity of Aflaha Frozen Food (AFF) MSMEs in carrying out operations through improving management and financial business governance. Improvement management is carried out with entrepreneurial motivation so that MSME actors remain confident in their business even though they are faced with difficulties such as a decrease in people's purchasing power, human resource management is carried out so that MSME actors can manage human resources efficiently and marketing management is carried out so that MSME actors can expand marketing coverage. while financial governance is carried out through financial-based arrangements so that MSME players can find out immediately when there is a material discrepancy. Through the improvement of these two things, it is hoped that AFF will get better and its legacy will increase the MSME resources. Keywords: Frozen food, MSME, HR Management, Marketing Management and Financial Governance   ABSTRAKSIFrozen food merupakan salah satu kegiatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). frozen menjadi alternatif  bagi produsen untuk bisa menjual produknya dengan jangka waktu yang lebih panjang dan tidak hanya mengandalkan order dari masuknya pesanan. Kegiatan pengabdian bertujuan untuk meningkatkan produktivitas UMKM Aflaha Frozen Food (AFF) dalam pelaksanaan usahanya melalui perbaikan manajemen dan tata kelola keuangan usahanya. Perbaikan manajemen dilakukan dengan motivasi kewirausahaan agar pelaku UMKM tetap yakin pada usahanya meskipun diterpa kesulitan seperti penurunan daya beli masyarakat, manajemen sumber daya manusia dilakukan agar pelaku UMKM dapat mengelola SDM dengan efisien dan manajemen pemasaran dilakukan agar pelku UMKM dapat memperluas cakupan pemasaran. sedangkan tata kelola keuangan dilakukan melalui penyusunan keuangan berbasis digital agar pelaku UMKM dapat mengetahui dengan segera ketika ada ketidaksesuaian yang material. Memalui perbaikan dua hal tersebut diharapkan AFF akan semakin baik dan gilirannya akan meningkatkan sumberdaya UMKM tersebut. Kata Kunci : Frozen food, UMKM, Manajemen SDM, Manajemen Pemasaran dan Tata kelola      Keuangan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JANAKA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

JANAKA merupakan jurnal ilmiah yang membahas mengenai kajian ilmiah pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ekonomi dan kewirausahaan secara umum maupun yang terakhir dengan transfer dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. E-ISSN : 2776-0766 P-ISSN : ...