Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Vol 7, No 4 (2022): November

Pengaruh tingkat perputaran modal kerja, struktur modal, dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia)

Ridho Helmi Marsa (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman)
Hamid Bone (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman)
Salmah Pattisahusiwa (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meneliti pengaruh tingkat perputaran modal kerja, struktur modal, dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas. Variabel dalam penelitian ini adalah profitabilitas sebagai variabel dependen. Tingkat perputaran modal kerja, struktur modal, dan ukuran perusahaan sebagai variabel independen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling. Sampel  yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 21 perusahaan manufaktur tahun 2016-2018, sehingga diperoleh 63 data perusahaan. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Pengolahan data menggunakan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tingkat perputaran modal kerja berpengaruh positif terhadap profitabilitas, struktur modal dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap profitabilitas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIAM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM) is a scientific journal in the field of Accounting Science published four times a year (in Apr, June, Sept & Nov). Faculty of Economics and Business Mulawarman ...