Journal of Public Accounting (JPA)
Vol 2, No 2 (2022): Journal of Public Accounting Vol. 2 No. 2, Desember 2022

Pengaruh Pendapatan Asli Daerah Dan Dana Perimbangan Terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal (Studi Kasus Pada Pada Kabupaten/Kota di Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2014-2019)

Alfriadi Dwi Atmoko (Universitas Amikom Yogyakarta)
Marselina Ade Putri (Universitas Amikom Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang Dipisahkan, Lain-lain PAD yang Sah, DBH, DAU, dan DAK terhadap pengalokasian anggaran Belanja Modal pada Kabupaten/Kota di Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2014-2019. Populasi penelitian terdiri dari 4 Kabupaten dan 1 Kota dan jumlah sampel penelitian sebanyak 30 data. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara individu atau parsial Pajak Daerah dan DBH berpengaruh negatif , Retribusi Daerah, Lain-lain PAD yang Sah dan DAU tidak berpengaruh, sedangkan Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah dan DAK yang Dipisahkan berpengaruh positif terhadap pengalokasian anggaran Belanja Modal. Hasil pengujian secara bersama-sama atau simultan terhadap Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang Dipisahkan, Lain-lain PAD yang Sah, DBH, DAU dan DAK berpengaruh terhadap pengalokasian anggaran Belanja Modal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpa

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JPA: Jurnal Akuntansi Publik adalah jurnal peer review yang diterbitkan dua kali dalam setahun (Juni dan Desember) oleh Program Studi Akuntansi Sektor Publik, Politeknik Harapan Bersama. JPA berkomitmen untuk menerbitkan artikel penelitian teoritis dan empiris ilmiah yang berdampak tinggi pada ...