Cerdas-Jurnal Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2022)

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SMP Negeri Ayuka Timika Pada Materi Pokok Pecahan Campuran

Desi Toifah (STKIP Hermon Timika)
A. Rasul (STKIP Hermon Timika)
Subhanudin Subhanudin (STKIP Hermon Timika)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Ayuka Timika Pada Materi Pokok Pecahan Campuran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar Matematika peserta didik SMP Negeri 12 Ayuka melalui metode Tipe Team Games Tournament (Tgt). Metode penelitian ini adalah kuantitaf dan kualitatif. Sampel penelitian adalah kelass VII SMP Negeri Ayuka sebanyak 21 Siswa. Instrument yang digunakan dalam pengambilan atau pengumpulan data berupa tes yang dilakukan setelah belajar mengajar berlangsung. Peningkatan belajar ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai siswa mulai dari tes awal pra tindakan dengan skor nilai ketuntasan 28,57% dan setelah adanya Tipe Team Games Tournament (Tgt) mencapai nilai ketuntasan 52,38% untuk tes siklus I dan 71,42% untuk tes siklus II. Sehingga sesuai dengan pembahasan analisis data yang diperoleh dapat diambil simpulan bahwa hasil pecahan campuran pada siswa kelas VII SMP Negeri Ayuka akan bias meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran Tipe Team Games Tournament (TGT).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cerdas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pendidikan Dasar dan Menengah, Model Pendidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, Media Pembelajaran, RnD Pembelajaran, Pengembangan Pembelajaran dan Praktek Mengajar ...