Cerdas-Jurnal Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2022)

Problematika Profesionalitas dan Pemenuhan Kualifikasi Akademik Guru dalam Lembaga PAUD

Mutiya Febrina (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membahas isu profesionalitas guru di lembaga pendidikan anak usia dini sesuai dengan standar nasional pendidikan tahun 2003. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif, teknik yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, analisis data dilakukan sejak pengumpulan data sampai kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru di TK Al-Hidayah pekanbaru tidak memenuhi standar nasional sebagai guru PAUD, hal ini diketahui dari lulusan setiap guru tidak ada yang relevan dengan bidang PAUD. Problematika yang terjadi yakni kurangnya SDM guru PAUD yang sesuai standar nasional, berdampak pada kualitas guru juga kualitas pendidikan di Indonesia. Kegiatan pengembangan guru melalui pelatihan menjadi upaya peningkatan kualitas kelayakan guru di lembaga ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cerdas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pendidikan Dasar dan Menengah, Model Pendidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, Media Pembelajaran, RnD Pembelajaran, Pengembangan Pembelajaran dan Praktek Mengajar ...