Jurnal Computech & Bisnis (e-Journal)
Vol 16, No 2 (2022): Jurnal Computech & Bisnis

RANCANG BANGUN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN EKSTRAPOLASI MAHASISWA PADA MATERI TRANSFORMASI LINEAR

Eka Fitrajaya Rahman (Universitas Pendidikan Indonesia Bandung)
Purnama Muntaharridwan (Universitas Pendidikan Indonesia Bandung)
Enjun Junaeti (Universitas Pendidikan Indonesia Bandung)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2023

Abstract

Media pembelajaran yang didesain dengan baik akan sangat membantu siswa dalam mencerna dan memahami materi. Transformasi Linear merupakan salah satu materi yang dipelajari pada mata kuliah Aljabar Linear, dimana materi yang dipelajari berbentuk abstrak. Sehingga peserta didik dituntut untuk dapat berpikir secara abstrak untuk menyelesaikan soal-soal yang diberikan oleh pengajar. Namun, disamping tuntutan yang ada, kurangnya pemahaman ekstrapolasi dan penggunaan model pembelajaran yang tidak memadai dapat menjadi kendala bagi mahasiswa untuk memahami sebuah isi materi. Peneliti mencoba membangun sebuah media pembelajaran berbasis permainan ular tangga dengan model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinesthetic) sebagai mekanisme permainan untuk membantu mahasiswa dalam mempelajari materi transformasi linear dan memperoleh tanggapan dari mahasiswa terkait multimedia pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch. Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu : 1) Multimedia pembelajaran mendapatkan perolehan skor sebesar 78,54% dan masuk dalam kategori “Sangat Baik” berdasarkan validasi ahli. 2) Multimedia pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman ekstrapolasi mahasiswa dilihat dari peningkatan rata-rata nilai sebesar 22,67 dan rata-rata gain yang didapat sebesar 0,51. 3) Mahasiswa memberikan respon positif terhadap multimedia permainan yang dibangun dilihat dari penilaian mahasiswa terhadap multimedia sebesar 81% dan masuk kedalam kategori “Sangat Baik”.Kata Kunci : Multimedia Pembelajaran, Permainan Ular Tangga, Pemahaman Ekstrapolasi, Metode ADDIE, Transformasi Linear.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jcb

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Library & Information Science

Description

The scope of this journal covering the field Computer, Technology and Business. Topic related to these fields can be information systems, informatics, product based knowledge, computer science, knowledge management, business and management, business IT, IT Governance, communication and marketing, ...