Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M)
Vol. 3 No. 1 (2020)

Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Tipe Time Token Arends terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Berinteraksi Siswa

Erny Untari (Universitas PGRI madiun)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) model pembelajaranyang lebih efektif antara metode pembelajaran kooperatif tipe Think PairShare dan Time Token Arends terhadap prestasi belajar siswa. 2) tipekemampuan berinteraksi yang memberikan prestasi lebih tinggi, apakahkemampuan berinteraksi tinggi,sedang, atau rendah. 3) apakah ada interaksiantara metode belajar dengan kemampuan berinteraksi siswa. Penelitian inimenggunakan metode eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIISMP Negeri I Paron yang diambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen I daneksperimen II. Sampel penelitian diambil secara acak dengan teknik simplerandom sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket,dan metode tes. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava dua jalandengan sel tak sama. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05menunjukkan bahwa : 1) model pembelajaran kooperatif tipe Think PairShare lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif tipe Time TokenArends dimana siswa dapat memperoleh prestasi belajar lebih tinggi jikadiajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. 2)kemampuan berinteraksi tinggi dapat memberikan prestasi belajar lebihtinggi dibandingkan dengan kemampuan berinteraksi sedang dan rendah. 3)tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Think PairShare dan tipe Time Token Arends dengan kemampuan berinteraksi siswaterhadap prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

factorm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Journal Factor M focuses on the main issues in mathematics education and applied mathematics. In addition, Journal Factor M also discusses issues that generally exist in the field of mathematics ...