EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis
Vol 11 No 1 (2023)

Pengaruh Firm Size, Leverage, dan Profitability terhadap Manajemen Pajak dengan Indikator Tarif Pajak Efektif (Studi pada Perusahaan Sektor Kesehatan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020)

Zildjianika Salfa Bela (Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,Telkom University)
Kurnia Kurnia (Telkom University)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh firm size, leverage, dan profitability terhadap manajemen pajak dengan indikator tarif pajak efektif padaperusahaan sektor kesehatan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017- 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknikpengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh 11 dari 21 perusahaan dengan periode empat tahun, dan didapat 44 unit sampelpenelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 26. Hasil penelitian membuktikan firm size, leverage dan profitability secara simultan berpengaruh terhadap manajemen pajak dengan indikator tarif pajak efektif. Secara parsial firm size tidak berpengaruh terhadap manajemen pajak dengan indikator tarif pajak efektif. Sedangkan leverage dan profitability berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen pajak dengan indikator tarif pajak efektif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ER

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Energy Other

Description

Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis is a peer-reviewed journal. Ekombis invites academics and researchers who do original research in the fields of economics, management, and ...