Tujuan proyek ini adalah membuat video pembelajaran menggunakan pendekatan CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) sebagai skenario video yang valid dan praktis serta dapat membantu siswa kelas VIII memahami materi Pythagoras. Penelitian ini berjenis R&D (Reasearch and Development) dengan pendekatan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi) melalui angket validasi ahli materi, ahli media, dan respon siswa. Data diperoleh untuk mengetahui validitas dan kepraktisan pembelajaran video. Rata-rata gabungan penilaian ahli materi sebesar 3,53 dengan kriteria sangat baik, 3,63 dengan kriteria sangat baik untuk ahli media, dan tanggapan siswa terhadap video memperoleh rata-rata 3,05 kriteria baik pada uji coba kelas kecil dan 2,92 kriteria baik pada uji coba kelas besar. Video pembelajaran berbasis model CORE pada materi Pythagoras ini valid dan praktis digunakan dalam kelas, sesuai dengan hasil pengujian.
Copyrights © 2022