JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)
Vol 8, No 1 (2022): JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)

Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Materi Pythagoras

Ida Ma'rifah (Unversitas Ahmad Dahlan)
Burhanudin Arif Nurnugroho (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2023

Abstract

Tujuan proyek ini adalah membuat video pembelajaran menggunakan pendekatan CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) sebagai skenario video yang valid dan praktis serta dapat membantu siswa kelas VIII memahami materi Pythagoras. Penelitian ini berjenis R&D (Reasearch and Development) dengan pendekatan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi) melalui angket validasi ahli materi, ahli media, dan respon siswa. Data diperoleh untuk mengetahui validitas dan kepraktisan pembelajaran video. Rata-rata gabungan penilaian ahli materi sebesar 3,53 dengan kriteria sangat baik, 3,63 dengan kriteria sangat baik untuk ahli media, dan tanggapan siswa terhadap video memperoleh rata-rata 3,05 kriteria baik pada uji coba kelas kecil dan 2,92 kriteria baik pada uji coba kelas besar. Video pembelajaran berbasis model CORE pada materi Pythagoras ini valid dan praktis digunakan dalam kelas, sesuai dengan hasil pengujian.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), ISSN 2477-2348 for Print version and ISSN 2477-2348 for Electronics version, is the official publication of Universitas Indraprasta PGRI. The scope of the journal includes all issues in the field of Mathematics ...