Fenomena-fenomena masalah yang berpengaruh dalam kinerja, yaitu kemampuan dalam berinovasi, kemampuan dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, kemampuan dalam melakukan inisiatif, dan kemampuan dalam memimpin. Pada SDN Sungai Paring 2 di temukan dari observasi pendahuluan melalui PKG (Penilaian Kinerja Guru) dan Raport Mutu Pendidikan Tahun 2021, masih terdapat Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang minimnya kemampuan-kemampuan menjalankan tugas dan fungsinya berdasarkan hasil evaluasi Kepala Sekolah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat, dan mengetahui upaya yang dilakukan di tinjau dari segi motivasi untuk meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan pada SDN Sungai Paring 2 Martapura.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang akan dilakukan secara langsung di lapangan dengan melalui observasi dan data primer serta data sekunder. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara langsung terhadap 12 orang responden. Kemudian dikelompokkan kategori danĀ indikator-indikator keterkaitan bagaimana peran motivasi, faktor yang mendukung dan menghambat, dan bagaimana upayanya.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan motivasi dalam meningkatkan kinerja, dan mengetahui faktor mendukung dan menghambat motivasi kinerja. Dapat diketahui upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan pada SDN Sungai Paring 2 Martapura.
Copyrights © 2023