Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT)
Vol. 4 No. 3 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (Januari - Februari 2023)

Pengaruh Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Aksesibilitas Laporan Keuangan, Dan Pengendalian Internal terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Keuangan Daerah)

Sarah Suenita Molle (Universitas Katolik Widya Mandira Kupang)
Henny A. Manafe (Universitas Katolik Widya Mandira Kupang)
M.E. Perseveranda (Universitas Katolik Widya Mandira Kupang)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2023

Abstract

Penelitian terdahulu maupun Penelitian yang relevan sangat berguna terhadap suatu penelitian maupun kajian pustak suatu karya ilmiah baik mengkaji tentang pengaruh antar variabel maupun Faktor lain yang turut mempengaruhi suatu variabel itu sendiri. Artikel ini Membahas tentang suatu kajian pustaka faktor yang mempengaruhi pertanggungjawaban dalam mengelola keuangan daerah, yakni sistem akuntansi keuangan daerah, pertanggungjawaban laporan keuangan, dan pengendalian internal. Riset ini bermaksud untuk menentukan hipotesis yang berdampak pada masing-masing variabel supaya bisa dimanfaatkan bagi riset selanjutnya. Hasil yang didapat meliputi: 1) Sistem akuntansi keuangan daerah mempengaruhi positif maupun krusial bagi pertanggungjawaban dalam mengelola keuangan daerah; 2) Aksesibilitas laporan keuangan mempengaruhi positif maupun krusial bagi pertanggungjawaban dalam mengelola keuangan daerah; 3) Pengendalian internal berdampak positif maupun krusial bagi pertanggungjawaban dalam mengelola keuangan daerah; 4) Sistem akuntansi keuangan daerah, aksesibilitas laporan keuangan, serta pengendalian internal mempengaruhi positif maupun krusial secara bersamaan bagi pertanggungjawaban dalam mengelola keuangan daerah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIMT

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen dan Ekonomi. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT) memiliki tujuan sebagai berikut: Menyediakan sarana publikasi ...