Adanya Covid-19 telah menyebabkan pembelajaran yang sebelumnya dilakukan tatap muka beralih menjadi pembelajaran. Pada tahun 2022 mulai diterapkan pembelajaran pasca daring, yaitu pembelajaran tatap muka terbatas. Penerapan tata muka terbatas tentu dijumpai beberapa kendala yaitu peserta didik perlu beradaptasi dengan teman barunya, peserta didik masih suka bermain daripada pembelajaran. Sehingga penelitian ini mengkaji tentang efektivitas pembelajaran pasca daring pada mata pelajaran tematik di kelas III SDN Banyurojo 1 Kabupaten Magelang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksaan pembelajaran pasca daring dan efektivitas pembelajaran pasca daring. Penelitian ini menggunakan metode mix method (kualitatif dan kuantitatif). Teknik pengumpulan data menggunakan wawanacara, observasi, dokumentasi dan kuisoner. Teknik analisis data menggunakan SPSS IBM 21. Penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut pelaksanaan pembelajaran pasca daring sudah berjalan dengan baik, semua kesiapan yang harus dilakukan juga sudah tertata dengan rapi. Kesiapan guru, kesiapan ruang kelas, kesiapan sekolah semuanya sudah disiapkan dengan baik. Guru juga sudah menggunakan beberapa metode dan alat peraga agar pembelajaran lebih menarik peserta didik. Evaluasi yang digunakan juga guru selalu menilai apa yang sudah dikerjakan oleh peserta didik. Berdasarkan hasil angket peserta didik diperoleh hasil 9,09 yang berarti bahwa pembelajaran pasca daring di SDN Banyurojo 1 Kelas III sudah berjalan sangat efektif dan terdapat korelasi antara efektivitas pelaksanaan pembelajaran pasca daring mata pelajaran tematik dengan hasil mata pelajaran tematik, dengan derajat hubungan yang sangat kuat sehingga hubungan kedua variabel tersebut bersifat positif.
Copyrights © 2022