Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Vol 14, No 2 (2013): Jurnal Techno Oktober 2013

ANALISIS STABILITAS LERENG JALAN PRUPUK-BUMIAYU KABUPATEN BREBES DENGAN METODE FELLINIUS DAN SLOPE/W

Khoiroh, Iva Dwi ( Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purwokerto Jl.Raya Dukuh Waluh PO BOX 202 Purwokerto 53182 Telp)
Marhendi, Teguh ( Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purwokerto Jl.Raya Dukuh Waluh PO BOX 202 Purwokerto 53182 Telp)
Azizi, Amris ( Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purwokerto Jl.Raya Dukuh Waluh PO BOX 202 Purwokerto 53182 Telp)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2013

Abstract

Lereng adalah kenampakan permukaan alam yang disebabkan adanya beda tinggi. Beda tinggi dua tempat tersebut dibandingkan dengan jarak lurus mendatar sehingga akan diperoleh besarnya kelerengan (slope). Pada tempat dimana dua permukaan tanah yang berbeda ketinggianya, maka akan ada gaya-gaya yang bekerja mendorong sehingga tanah yang lebih tinggi kedudukannya cenderung bergerak ke arah bawah. Disamping gaya yang mendorong ke bawah terdapat pula gaya-gaya dalam tanah yang bekerja menahan sehingga kedudukan tanah tetap stabil. Ruas jalan Prupuk–Bumiayu merupakan jalur penghubung yang vital antara jalur pantura dengan jalur selatan di wilayah barat Provinsi Jawa Tengah. Kejadian longsor pada 5 Januari 2013 karena hujan yang cukup lebat disertai gerakan tanah mengakibatkan tanah longsor pada tebing ruas jalan Prupuk–Bumiayu Km.Pkl 118+600, Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana stabilitas lereng yang ada pada tebing ruas jalan Prupuk-Bumiayu Km.Pkl 118+600 Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes. Stabilitas lereng dianalisis menggunakan metode Fellinius dan menggunakan program Slope/W. Dari hasil perhitungan metode Fellinius diperoleh nilai F untuk kondisi lereng sebelum diberi talud F = 1.51, dan setelah ada talud F =  9.46. Dengan menggunakan program Slope/W metode Ordinary diperoleh nilai F untuk kondisi lereng sebelum diberi talud F = 0.212, dan setelah ada talud F = 1.40. Kedua analisis mengabaikan pengaruh tekanan air pori.Kata kunci : Stabilitas lereng, Metode Fellinius, Slope/W, angka aman

Copyrights © 2013