Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Vol. 1 No. 12 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis

Pengaruh content marketing pada media sosial instagram terhadap minat kunjung followers ke pulau bali pada era new normal

Made Suri (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Konsep digital marketing merupakan suatu proses pemasaran yang menerapkan inovasi teknologi untuk meningkatkan jangkauan pasar. Digital marketing dapat menjadi peluang yang sangat besar untuk diaplikasikan pada proses pemasaran pariwisata di masa pandemi seperti saat ini. Content marketing adalah salah satu faktor penting yang akan berpengaruh terhadap keberhasilan dalam penerapan digital marketing. Hal tersebut dapat diperhatikan pada akun instagram @her_journeys dalam upaya memanfaatkan digital marketing dengan membuat content marketing yang menarik untuk meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Bali. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh content marketing pada media sosial instagram @her_journeys terhadap minat kunjung followers ke Pulau Bali. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis data analisis statistik deskriptif dan uji regresi linier sederhana. Dalam pengumpulan data pada penelitian ini peneliti menyebarkan kuisioner kepada 100 responden yang merupakan followers istagram @her_journeys. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa content marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat kunjung followers ke Pulau Bali dengan kontribusi sebesar 74,1% dan sisanya sebesar 25,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini. The concept of digital marketing is a marketing process that applies technological innovations to increase market reach. Digital marketing can be a huge opportunity to be applied to the tourism marketing process during the current pandemic. Content marketing is one of the important factors that will affect the success in implementing digital marketing. This can be seen on the Instagram account @her_journeys in an effort to take advantage of digital marketing by creating interesting marketing content to increase tourist interest in visiting the island of Bali. This study was conducted to identify and analyse the effect of content marketing on Instagram social media @her_journeys on followers' interest in visiting the island of Bali. The method used in this study uses a descriptive quantitative approach with data analysis techniques, descriptive statistical analysis and simple linear regression test. In collecting data in this study, researchers distributed questionnaires to 100 respondents who were followers of @her_journeys instagram. The results in this study indicate that content marketing has a positive and significant effect on followers' interest in visiting the island of Bali with a contribution of 74.1% and the remaining 25.9% is influenced by other factors outside of this study.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

paris

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Paris memuat publikasi ilmiah di bidang pendidikan, pariwisata, bisnis dan kewirausahaan. dengan cakupan bidang sebagai berikut tetapi tidak hanya terbatas pada: 1. Pendidikan pariwisata, 2. Pengembangan kepariwisataan, 3. Pariwisata Berkelanjutan, 4. Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya ...