Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI)
Vol. 6 No. 1: JANUARY 2023 -Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI)

Faktor Sosial Budaya yang Mempengaruhi Kejadian Stunting pada Anak : Literature Review: Social-Cultural Factors that Affected Stunting Case in Children : Literature Review

Jessica Apulina Ginting (Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Peminatan Promosi Kesehatan, Departemen Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia)
Ella Nurlaella Hadi (Departemen Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2023

Abstract

Latar belakang: Stunting adalah kekurangan gizi kronis akibat kekurangan nutrisi dalam jangka waktu yang lama. Diperkirakan hampir seperempat anak di Indonesia mengalami stunting. Tujuan: Untuk mendeskripsikan faktor-faktor sosial budaya yang mempengaruhi kejadian stunting pada anak. Metode: Penulis menggunakan systematic review terhadap artikel penelitian tentang faktor sosial budaya yang menyebabkan stunting pada anak dengan pendekatan kuantitatif. Artikel penelitian didapatkan dari Google Scholar, PubMed, dan ScienceDirect dengan kata kunci “sosial” “budaya” “stunting” “anak” “Indonesia”. Artikel yang digunakan dalam rentang waktu lima tahun terakhir (2018-2022) dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Hasil: Penelusuran artikel penelitian didapatkan 10 artikel berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Dari artikel tersebut didapatkan tujuh tema yang menjadi faktor-faktor sosial budaya yang mempengaruhi terjadinya stunting di Indonesia, yaitu asupan nutrisi ibu hamil, pemberian ASI eksklusif, pemberian makanan pendamping ASI, sikap terhadap stunting, pola asuh anak, kebersihan lingkungan, ekonomi. Kesimpulan: Systematic review ini menjelaskan multifaktorial sosial budaya yang mempengaruhi kejadian stunting pada anak di Indonesia meliputi asupan nutrisi ibu hamil, pemberian ASI eksklusif, pemberian makanan pendamping ASI, sikap terhadap stunting, pola asuh anak, kebersihan lingkungan, ekonomi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MPPKI

Publisher

Subject

Public Health

Description

Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) periodic scientific journal that is published by Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu. with ISSN Number: 2597-6052 (Online - Electronic). This journal accepts scientific papers in the form of research articles and review ...