Viswa Design : Journal of Design
Vol. 2 No. 2 (2022): Viswa Design: Journal of Design

SISTEM PEMBELAJARAN DALAM PEWARISAN KETERAMPILAN SENI KERAJINAN UPIA KARANJI DI KABUPATEN GORONTALO

Arin Safitri Datau (Jurusan Seni Rupa dan Desain, Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo Gorontalo, Indonesia)
I Wayan Seriyoga Parta (Jurusan Seni Rupa dan Desain, Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo Gorontalo, Indonesia)
Mursidah Wati (Jurusan Seni Rupa dan Desain, Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo Gorontalo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji sistem pembelajaran dalam pembuatan Upia karanji di Desa Batulayar. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif melalui pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mendapatkan sembelajaran dengan sistem pewarisan dengan berbasis praktik langsung yang dilakukan oleh perajin seni kerajinan yaitu secara informal. Tahap pembelajarannya dimulai dari tahap penguasaan alat dan bahan sebagai tahapan dasar pengenalan seni kerajinan Upia karanji tersebut, sampai selanjutnya membuat desain motif dan proses menganyam, membuat motif sampai finishing. Bentuk sistem pewarisan dilakukan oleh pengerajinUpia karanji di Desa Batulayar berupa pewarisan tegak (Vertical Trasmison), merupakan sistem pewarisan yang berlangsung melalui mekanisme genetik yang diturunkan dari waktu ke waktu secara lintas generasi, yakni melibatkan penurunan budaya kepada anak cucu keturunannya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

viswadesign

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Viswa Design adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Desain Program Magister, Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia Denpasar. Jurnal ini sebagai wahana untuk mempublikasikan tulisan ilmiah: hasil penelitian, hasil pemikiran (gagasan konseptual), hasil perancangan karya ...