Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang
Vol. 2 No. 2 (2022): Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang

GAMBARAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NUSA NIPA INDONESIA DI MAUMERE

Epifania M. Ladapase (Unknown)
Anastasia Sona (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2023

Abstract

Stres akademik merupakan perasaan frustasi, tekanan atau cemas yang dialami mahasiswa karena konflik beban tugas yang banyak dan juga tuntutan-tuntutan dari dosen maupun orang tua yang mengharuskan mahasiswa untuk mendapatkan nilai atau prestasi yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran stres akademik pada mahasiswa di Universitas Nusa Nipa Indonesia. Populasi dalam dalam penelitian ini adalah 5.273 mahasiswa Universitas Nusa Nipa Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah 200 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel insidental. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan skala stres akademik dari Bisht. Hasil penelitian ini menunjukan 52,5% dalam kategori sedang, 37,5% masuk dalam kategori rendah, dan 10,5% masuk dalam kategori tinggi yang berarti mahasiswa di Universitas Nusa Nipa Indonesia masih banyak yang mengalami stres akademik. Academic stress is a feeling of frustration, pressure, of anxiety experienced by students because of the many conflicting workloads and demands from lecturers and parents that require studens to get high grades or achievements. The purpose of this research is to determine the description of academic stress on students at the University Nusa Nipa Indonesia. The population in this research was 5,273 studens of the University of Nusa Nipa Indonesia. The sample in this research was 200 people. The sampling technique used incidental sampling. This type of research was descriptive quantitative research. The data collection method used the academic stress scale from Bisht. The results of this research incidented that 52.5% was in the medium category, 37.5% was in a low category, and 10.5% was in the high category. It means that many students at the University of Nusa Nipa Indonesia still encountered academic stress

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Empowerment

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Secara garis besar jurnal empowerment bertujuan untuk membangkitkan semangat dan motivasi mahasiswa-dosen dalam melakukan publikasi artikel ilmiah secara bersama di Fakultas Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang. Metode yang digunakan untuk meningkatkan semangat dan motivasi mahasiswa ...