Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi
Vol. 2 No. 2 (2022): Vol 2 No 2 Tahun 2022

Analisis Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Pelanggan Rumah Makan Mangkokmu

Arie Rachma Putri (Universitas Duta Bangsa)
Isna Nur Azizah (Universitas Duta Bangsa)
Maharani Chikita A (Universitas Duta Bangsa)
Puput Ranu Siwi (Universitas Duta Bangsa)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2022

Abstract

Abstrak Adanya pandemi COVID-19 melumpuhkan sebagian besar usaha-usaha. Banyak sekali usaha-usaha yang mengharuskan tutup dikarenakan tidak mampu bersaing dan bertahan di tengah pandemi COVID-19 ini, salah satunya usaha kuliner rumah makan. Rumah makan sangat berguna bagi seluruh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan. Dapat dilihat semenjak adanya COVID-19 banyak permasalahan yang timbul pada usaha makanan salah satunya permasalahan pelanggan. Dalam pandemi COVID-19 ini tingkat pelanggan berpengaruh terhadap kelangsungan suatu usaha, seperti halnya Rumah Makan Mangkokmu. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui adakah pengaruh pandemi COVID-19 terhadap tingkat pelanggan di Rumah Makan Mangkokmu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan kuisioner (daftar pertanyaan). Metode ini dilakukan dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada pemilik Rumah Makan Mangkokmu sehingga akan mendapatkan data primer yang akurat dan informasi yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh pandemi COVID-19 terhadap Rumah Makan Mangkokmu relatif kecil. Hal itu dikarenakan dikarenakan, Rumah Makan Mangkokmu mengambil jalan alternatif lain yaitu bekerjasama dengan Grab Food. Hasil dari bekerjasama dengan Grab Food didapat bahwa terjadi peningkatan pelanggan dari sebelumnya. Selain itu akibat dari bekerjasama dengan Grab Food tingkat pelanggan stabil dan cenderung naik. Jika hal itu terus terjadi, maka Rumah Makan mangkokmu akan mengalami keberhasilan bisnis ditengah pandemi COVID-19 ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BISMAK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai isu Bisnis, Manajemen, Kewirausahaan , Akuntansi dan Perpajakan. Artikel ilmiah dimaksud berupa kajian teori (theoritical review) dan kajian empiris dari ilmu ...