Jurnal Citra Pendidikan Anak
Vol 1 No 4 (2021)

PASANG RI KAJANG SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER BERWAWASAN LINGKUNGAN DI KAWASAN ADAT AMMATOA

Ahmad Fadhel (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Miftahul Amalia Akhmad (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Andi Miftahul Jannah (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Riska Azizah (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2021

Abstract

Pasang ri kajang merupakan pedoman hidup yang di terapkan masyarakat dari dahulu yang mengandung nilai-nilai kehidupan serta arif dalam menjaga lingkungan hutan. Maraknya kasus pengrusakan hutan di berbagai daerah di Indonesia sehingga pendidikan karakter berwawasan lingkungan perlu terus dikembangkan untuk mencegah kerusakan lingkungan hutan di masa depan. Pendidikan karakter berwawasan lingkungan ini telah diterapkan oleh masyarakat dalam kawasan adat ammatoa menggunakan pasang, sehingga menarik untuk diteliti untuk dijadikan sebagai media pendidikan di masa depan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pengetuhuan masyarakat pasang dijadikan sebagai pedoman hidup masyarakat dan wajib untuk dilaksanakan. Pasang utama tentang pengelolaan lingkungan terdiri dari tiga jenis yang memiiki fungsi utama dalam menyampaikan dampak pofitif dan negatif pengrusakan hutan. Bagi masyarakat adat ammatoa siapapun yang melanggar pasang ri kajang akan di jatuhi hukum adat. hingga hari ini pasang tersebut masih di wariskan kepada generasi muda dan menjadi bagian dari pendidikan karakter berwawasan lingkungan bagi generasi muda dengan tujuan menumbuhkan karakter konservasi bagi generasi muda. pasang tersebut bukan hanya sebuah kebudayaan yag diwariskan kepada generasi di dalam Kawasan Adat Ammatoa namun dapat juga diadopsi sebagai media pendidikan karakter berwawasan lingkungan di sekolah formal khususnya yang berada di Kecamatan Kajang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jcp

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Citra Pendidikan mengkaji tentang hasil hasil penelitian dalam bidang: 1. Pendidikan (Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, Pendidikan Tinggi, Pendidikan Vokasi) 2. Pembelajaran dan Media Pembelajaran 3. Pengembangan model/program ...