Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan dan Kedakwahan
Vol. 15 No. 29 (2022): Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan dan Kedakwahan

OPTIMALISASI AKAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Upaya Menggagas Pembelajaran Fiqih Berbasis Nalar Manhaji)

Fahmi Hamdi (Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2022

Abstract

Akal merupakan salah satu alat atau sarana yang sangat penting bagi manusia. Di samping sebagai alat untuk pengembangan ilmu pengetahuan yang sangat dibutuhkan manusia dalam kehidupannya, akal merupakan salah satu persyaratan mutlak adanya taklif (hukum) yang dibebankan kepada manusia. Bahkan, dalam pandangan Islam akal merupakan salah satu piranti metode dalam mengistinbath hukum Islam yang diistilahkan dengan Ijtihad. Islam menjadikan akal sebagai salah satu diantara lima hal primer yang diperintahkan oleh syariat untuk dijaga dan dipelihara (hifzhu ad-daruriyyat al-khams), dimana kemaslahatan dunia dan akhirat disandarkan pada pemeliharaan kelima unsur tersebut, yaitu: agama, jiwa, akal, keturunan, dan harta. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji lebih jauh tentang konsep akal dalam Islam dan relasinya dengan pendidikan Islam khusunya pada pembelajaran Fiqih.Dengan menganalisis berbagai sumber literatur keislaman melalui metode deskriptif penulis mencoba menyajikan pembahasan topik ini meliputi: definisi dan hakikat akal, relasi akal, otak dan nafsu manusia, dan fungsi pendidikan terhadap pengembangan akal, fiqih berbasis nalar manhaji.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

at-tarwiyah

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah ilmu Pendidikan dan kedakwahan, suatu publikasi yang diterbitkan oleh institusi akademik atau organisasi profesi secara berkala yang berisi tentang artikel hasil penelitian dalam bidang ilmu pendidikan, kependidikan, dan kedakwahan yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam ...