Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena adanya pasien atau keluarga pasien gawat darurat pada triase kuning yang menyatakan lama mendapatkan penanganan dan dibiarkan menunggu sehingga menyebabkan ketidakpuasan terhadap pelayanan yang didapatkan. Tujuan penelitian ini mengetahui Hubungan Respon Time Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Penanganan Pasien Kategori Triase Kuning Di UGD RS.TK. III R. W. Mongisidi Manado.Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei analitik yang bersifat cross sectional. Sampel diambil berdasarkan jumlah responden sebanyak 30 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Penggumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan kuesioner. Selanjutnya data yang telah terkumpul diolah dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS versi 21 untuk dianalisa dengan uji statistik Fisher Exact dengan tingkat kemaknaan (α) 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa didapatkan respon time perawat yang tidak tepat > 5 menit sebanyak 18 orang (60,0 %) dan tingkat kepuasan penanganan pasien kurang baik / kurang puas sebanyak 20 Orang (60,7 %). Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara respon time perawat dengan tingkat kepuasan penanganan pasien hal ini ditunjukkan dengan nilai p = 0,000. Nilai p ini lebih kecil dari nilai α = 0,05.
Copyrights © 2017