Jurnal Kesehatan Amanah
Vol. 5 No. 2 (2021): Oktober : Jurnal Kesehatan Amanah

Uji Skrining Fitokimia dan Uji Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etanol Bintang Laut (Asteroidea) Jenis Linckia Laevigata Terhadap Bakteri Eschericia coli.

Risman Tunny (STIKes Maluku Husada)
Aulia Debby Pelu (STIKes Maluku Husada)
Dewi Amalia Salenussa (STIKes Maluku Husada)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2021

Abstract

Bintang laut merupakan salah satu spesies dari kelas Asteroidea, dan dikelompokkan ke dalam filum Echinodermata. Filum Echinodermata terdiri atas kurang lebih 6000 spesies dan semuanya hidup di air laut. Bintang laut (Asteroidea) juga memegang peranan penting dalam lingkungan pantai, yakni memakan bangkai dan cangkang-cangkang mollusca yang mengotori pantai, sehingga bintang laut dikenal sebagai hewan pembersih laut (Setyowati, 2017). Bintang laut merupakan salah satu sumber penghasil senyawa bioaktif. Bintang laut memiliki komponen bioaktif yang terdiri dari alkaloid, steroid, flavonoid, saponin, ninhidrin Senyawa aktif dari bintang laut telah diketahui memiliki aktivitas antioksidan antibakteri antiinflamasi, antifungi dan imunostimulator. Antibakteri merupakan zat yang dapat menghambat pertumbuhan atau bahkan dapat mematikan bakteri dengan cara merusak metabolismenya (Runtuwene,2017). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan ekstrak etanol dari bintang laut (Asteroidea) daan menguji aktivitas antibakteri ekstrak etanol bintang laut terhadap bakteri Eschericia coli menggunakan metode difusi agar dengan cara sumur. Ekstrak etanol bintang laut (Asteroidea) mampu menghambat bakteri Eschericia coli pada konsentrasi 50% dengan diameter zona hambat 21mm.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jka

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

Keperawatan Dasar, Keperawatan Anak, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Komunitas, Keperawatan keluarga, Keperawatan Gerontik, Keperawatan Gawat Darurat, Keperawatan Kritis, Manajemen Keperawatan, Ilmu Kebidanan, Ilmu Kefarmasian, Ilmu Kesehatan ...