Edu Geography
Vol 10 No 3 (2022): Vol 10 No 3 (2022)

ANALISIS PENGETAHUAN SISWA TERHADAP MITIGASI BENCANA BANJIR DI SMA NEGERI 2 ASERA KABUPATEN KONAWE




Article Info

Publish Date
19 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan mengenai tingkat pengetahaun siswa terhadap mitigasi bencana banjir di SMA Negeri 2 Asera Kabupaten Konawe Utara sehingga pada saat terjadi bencana banjir dapat meminimalisir dampak dan risiko yang diakibatkan bencana banjir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa SMA Negeri 2 Asera terhadap bencana banjir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan sumber data adalah data primer yaitu siswa SMA Negeri 2 Asera dengan sampel 99 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pengetahuan siswa terhadap bencana banjir untuk 9 parameter sebagai berikut : parameter arti, tanda-tanda, pemicu atau sebab, pencegahan bencana banjir dengan persentase berturut-turut 84,04%; 82,72%; 89,09%; 86,67%. Pembuatan saluran drainase dengan persentase 83,43%. Kewaspadaan, pengurangan risiko, evakuasi dan pelatihan tentang kewaspadaan bencana banjir dengan persentase berturut-turut 83,33%; 84,14%; 81,01%; dan 84,34%. Sehingga pengetahuan siswa terhadap bencana banjir di SMA Negeri 2 Asera dikategorikan sangat baik dengan persentase secara keseluruhan 84,42%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edugeo

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Edu Geography [p-ISSN 2252-6684|e-ISSN 2549-0346|DOI 10.15294.edugeo] publishes original research and conceptual analysis of geography education. Edu Geography provides a forum for educators and scholars to present innovative teaching strategies and essential content for elementary and secondary ...